Profile Forums Forum Civitas Syarat Mendapatkan Dana Beasiswa LPDP Full Scholarship

  • This topic is empty.
Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #3633 Reply
    Fiana
    Guest

    Seperti yang kita ketahui, jika Indonesia punya salah satunya program beasiswa yang disebutkan dengan Instansi Pengelola Dana Pendidikan atau biasa dipersingkat LPDP. Namun, walau program itu telah lama dibangun, buat menolong beberapa pelajar yang ingin meneruskan pendidikannya ke tahap yang tambah tinggi, nyatanya ada banyak dari kita belum tahu ketentuan memperoleh dana beasiswa LPDP itu.

    Awalnya, LPDP bersama dengan Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang disebut pelaksana dari program Beasiswa Pendidikan Indonesia atau BPI, ialah program yang dibikin Pemerintah Indonesia, dalam rencana menolong pembiayaan pendidikan beberapa anak Indonesia, di atau luar negeri.
    Target Program Beasiswa Reguler LPDP

    Dimana salah satunya tipe beasiswa yang diurus LPDP ini, ialah tipe beasiswa reguler. Target program beasiswa reguler dari LPDP sendiri ialah:

    Masyarakat Negara Indonesia, yang sudah lulus sarjana atausarjana terapan (S1/D4) yang penuhi kualifiksi untuk program magister
    Masyarakat Negara Indonesia, yang sudah model gamis terbaru lulus magister atau magister terapan (S2), atau luls sarjana atau sarjanan terapan (s1/D4), yang penuhi kwalifikasi program doktoral yang dibuktikan dengan LoA Uncoditional untuk program doktoral.

    Untuk program LPDP di tahun 2019 sendiri, minimal sudah terwujud. Dimana pendaftaran LPDP 2019 periode pertama diawali sjak 26 April sampai 16 September 2019 tempo hari. Di LPDP 2019 tempo hari dibuka dengan bentuk full scholarship atau beasiswa penuh, dimana ketentuan memperoleh dana beasiswa LPDP, dari tahun ke tahun hampir sama.
    Lingkup Yang Diberi Beasiswa LPDP

    Sebelum mengulas berkaitan ketentuan memperoleh beasiswa LPDP, seharusnya lihat dahulu lingkup apapun yang diberi beasiswa LPDP, sepanjang pendidikan berjalan, sampai kamu lulus dan kehidupan sepanjang kamu kuliah di luar negeri.

    Dana Pendidikan
    a. Ongkos Pendaftaran
    b. Ongkos SPP
    c. Tunjangan Buku
    d. Dana Pertolongan Riset Tesis/Disertasi
    f. Dana Pertolongan Seminar Internasional
    g. Dana Pertolongan Publikasi Jurnal Internasional
    Ongkos Simpatisan/Ongkos Non Pendidikan
    a. Ongkos Transportasi
    b. Ongkos Aplikasi Visa/Residence Permit
    c. Ongkos Asuransi Kesehatan
    d. Tunjangan Hidup Bulanan
    e. Ongkos Kehadiran
    f. Tunjangan Keluarga (Spesial Doktoral)
    g. Ongkos Kondisi Genting

    Sesudah tahu apapun cakupa yang akan kamu temukan dari beasiswa LPDP, saat ini waktunya kamu harus mengetahuiapa saja ketentuan memperoleh dana beasiswa LPDP, yang dikumpulkan dari situs sah Kementrian Keuangan Republik Indonesia yakni lpdp.kemenkeu.go.id.
    (Baca : 3 Langkah Memperoleh Beasiswa Kuliah)
    Ketentuan Memperoleh Dana Beasiswa LPDP

    Supaya kemauan untuk dapat mendaftarkan di LPDP tidak percuma, karena itu kamu harus memerhatikan dan penuhi berkaitan kriteria biasa pendaftaran beasiswa reguler LPDP di bawah ini:

    1. Masyarakat Negara Indonesia:

    2. Sudah mengakhiri studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1), atau program magister (S2) dengan ketetapan seperti berikut:

    Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Tubuh Legalisasi Nasional
    Perguruan Tinggi (BAN-PT),
    Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
    Perguruan tinggi luar negeri yang disadari oleh Kementerian Analisa Tehnologi serta Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.

    3. Sedang tidak (on going) atau sudah tempuh studi degree atau non degree program magister (untuk pendaftar program magister) atau doktoral (untuk pendaftar program doktoral) baik di perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi di luar negeri.

    4. Menyertakan surat izin ikuti seleksi dari unit yang mengepalai bidang sdm buat yang sedang kerja (format bisa didownload pada aplikasi pendaftaran pada bagian upload dokumen)

    5. Menyertakan Surat Info sehat yang waktu berlakunya paling lama 6 bulan terhitung dari tanggal diterbitkannya sampai tanggal penutupan pendaftaran tiap periode, dengan ketetapan seperti berikut:

    Surat Info sehat jasmani yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik
    Surat Info bebas dari narkoba yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik/Tubuh/Instansi yang diberi wewenang untuk pengujian zat narkoba
    Surat Info bebas dari TBC yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik, spesial untuk pendaftar dengan arah perguruan tinggi luar negeri.

    6. Menyertakan surat referensi dari pimpinan, tokoh atau ahli di bidangnya (format bisa didownload pada aplikasi pendaftaran pada bagian upload dokumen)

    7. Pilih program studi serta Perguruan Tinggi Arah yang sesuai ketetapan LPDP

    8. Punya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai ketetapan yang diputuskan pada kriteria spesial pendaftaran beasiswa;

    9. Penuhi kriteria Bahasa sesuai ketetapan yang diputuskan pada kriteria spesial pendaftaran beasiswa;

    10. Ketetapan pada angka 9 dikecualikan buat pendaftar yang mengakhiri studi dari perguruan tinggi luar negeri dalam bahasa sah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan persyaratan seperti berikut:

    Bahasa Inggris untuk semua perguruan tinggi arah LPDP di beberapa negara dengan Bahasa Inggris jadi bahasa sah negara itu;
    Bahasa Arab untuk semua perguruan tinggi arah LPDP di beberapa negara dengan Bahasa Arab jadi bahasa sah negara itu;
    Bahasa Perancis cuma untuk perguruan tinggi arah LPDP di negara Perancis;
    Bahasa Rusia cuma untuk perguruan tinggi arah LPDP di negara Rusia;
    Bahasa Spanyol cuma untuk perguruan tinggi arah LPDP di negara Spanyol; atau
    Bahasa Cina/Mandarin untuk semua perguruan tinggi arah LPDP di beberapa negara dengan Bahasa Cina/Mandarin jadi bahasa sah negara itu.

    11. Pendaftar yang penuhi ketetapan seperti ketetapan pada angka 10, harus menyertakan salinan ijazah jadi alternatif kriteria bahasa, dengan masa aktif 2 (dua) tahun semenjak ijazah diedarkan.

    12. Pendaftar program magister serta doktoral luar negeri yang negara arah studinya tidak berbasiskan Bahasa Inggris harus ikuti kriteria potensi bahasa yang berlaku di negara perguruan tinggi arah atau sesuai dengan daftar kriteria minimum kompetensi bahasa asing tidak hanya Bahasa Inggris seperti terlampir.

    13. Beasiswa cuma ditujukan untuk kelas reguler serta tidak ditujukan untuk kelas-kelas seperti berikut:

    Kelas Eksekutif;
    Kelas Spesial;
    Kelas Karyawan;
    Kelas Jarak Jauh;
    Kelas yang diadakan bukan di perguruan tinggi induk;
    Kelas Internasional spesial Arah Dalam Negeri; atau
    Kelas yang diadakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi.

    14. Menyertakan gagasan studi buat program magister berdasar silabus/kurikulum program studi arah;

    15. Menulis proposal studi baik pendaftar tahap pendidikan magister atau doktoral.

    16. Menyertakan Proposal Riset buat pendaftar program doktoral

    Itu beberapa ketentuan memperoleh dana beasiswa LPDP full scholarship, yang kemungkinan dapat menolong kamu, yang ingin meneruskan kulian S2 atau S3 di luar negeri, tanpa ada keluarkan ongkos.

    Tetapi, bila kamu tidak selamat seleksi LPDP, serta masih ingin meneruskan studi ke luar negeri, kamu masih dapat ikuti beberapa tes beasiswa yang lain, walau tidak full. Namun kamu tak perlu cemas, sebab kamu dapat ajukan utang dana pendidikan, untuk dapat meneruskan studimu di universitas yang diimpikan.

    #4125 Reply
    Robertlop
    Guest

    Please update your spam filters

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
Reply To: Syarat Mendapatkan Dana Beasiswa LPDP Full Scholarship
Your information:




5 + 4 =