Manado – Kunjungan kerja Komisi I DPR RI pada Proyek Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Paket Tengah di Provinsi Sulawesi Utara digelar pada hari Rabu, 28 Maret 2018 di ruang F. J. Tumbelaka Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Komisi I DPR RI Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari beserta anggota Komisi I DPR RI, Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Anang Latif, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulawesi Utara Edison Huminang, Direktur Utama Len Telekomunikasi Indonesia R.W Pantja Gelora, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Utara Jety Pulu, dan Para Pejabat Pemprov Sulawesi Utara lainnya.

“Bagi kami, ini merupakan suatu kepercayaan dan kepedulian terhadap dinamika pembangunan bangsa di Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara,” tandas Edison Huminang dihadapan Komisi I DPR RI yang datang berkunjung ke Sulut terkait Proyek Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Paket Tengah yang meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara.

DPR RI pada kesempatan tersebut memberikan dukungan penuh terhadap Proyek Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Paket Tengah yang merupakan salah satu proyek strategis nasional dan mengharapkan peningkatan sinergitas kerja antar unit dalam mensukseskan proyek startegis nasional tersebut.

“Kami berharap banyak dari Proyek Palapa Ring Paket Tengah ini karena inilah wilayah keadilan sosial daripada aspek bisnis pada dunia telekomunikasi” ujar Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pariera.

Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika Anang Latif menjelaskan bahwa pembangunan Palapa Ring Paket Tengah akan menciptakan ekosistem infrastruktur telekomunikasi sehingga diharapkan dapat memberikan daya dorong ekonomi khususnya bagi masyarakat di Indonesia bagian Tengah.

Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) sebagai badan usaha pelaksana Pembangunan dan Pengelolaan Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Paket Tengah bertugas untuk menyelesaikan pembangunan jaringan dan mengoperasikan selama 15 tahun.

“Pengembangan Jaringan Palapa Ring Paket Tengah ini dikemudian hari, menjadikan wilayah-wilayah yang berada dalam lingkup Palapa Ring Paket Tengah akan mendapatkan layanan jaringan pita lebar (broadband) berbasis kabel (wireline) maupun non kabel (wireless) yang dapat diaplikasikan di berbagai area kegiatan” kata Direktur Utama LTI R.W Pantja Gelora. **