Kunjungan Kerja Menteri Kominfo

Ternate – mengawali tahun 2019 menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara melakukan kunjungan kerja dan pemantauan langsung proyek Palapa Ring Tengah di pulau Morotai, Ternate, Maluku Utara. Hadir juga dalam acara kunjungan kerja tersebut di Morotai, Bupati Pulau Morotai Benny Laos.

PT Len Telekomunikasi Indonesia (PT LTI) adalah Badan Usaha Pelaksana (BUP) pembangunan dan pengelola Palapa Ring Paket Tengah berdasarkan Perjanjian Kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada tahun 2016.
Menurut Menteri Rudiantara pembangunan Palapa Ring harus dapat digunakan masyarakat untuk hal-hal yang positif. “Saya mengharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan akses internet secara bijak untuk hal-hal positif,” harapnya usai menjelaskan sekilas manfaat Palapa Ring untuk dukungan infrastruktur internet cepat di Indonesia.
Kepada masyarakat di sekitar lokasi, Menteri Rudiantara mengharapkan pula agar ikut menjaga infrastruktur Palapa Ring. “Saya titip ikut menjaga infrastruktur Palapa Ring. Peran serta masyarakat penting dalam menjaga stabilitas dan keberlangsungan layanan telekomunikasi,” ungkapnya.
Pembangunan Infrastruktur Last Mile Universal Service Obligation (USO) Palapa Ring merupakan upaya pemerintah untuk untuk memberikan akses telekomunikasi bagi masyarakat maupun layanan publik di daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T).
Kepala Desa Waringin, kecamatan Morotai Barat, Hayatudin Samsudin, dihadapan menteri Kominfo dan Bupati pulau morotai menyampai rasa syukur dan terima kasih karena telah membangun tower untuk jaringan telkomsel karena telah mempermudah masyarakat dan pemerintah desa. Karena sebelumnya jaringan untuk telepon tidak ada disana.