Dewan Komisaris dan Direksi PT Len Telekomunikasi Indonesia Tinjau Langsung Jaringan Palapa Ring Paket Tengah di Sulawesi Tenggara

Dewan Komisaris dan Direksi PT Len Telekomunikasi Indonesia Tinjau Langsung Jaringan Palapa Ring Paket Tengah di Sulawesi Tenggara

Dewan Komisaris dan Direksi PT Len Telekomunikasi Indonesia (PT LTI) melaksanakan kunjungan kerja ke sejumlah titik operasional jaringan Palapa Ring Paket Tengah yang berada di P5 Baubau, Lakudo, Sariwegadi, dan Raha pada tanggal 27 hingga 29 Juli 2025. Kunjungan ini merupakan Program Kerja Dewan Komisaris dan Direksi. PT LTI mempunyai komitmen menjaga keberlanjutan operasional Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Nasional di wilayah Indonesia bagian tengah.

Kunjungan dilakukan di empat titik yang menjadi bagian penting dari infrastruktur jaringan, yaitu Interkoneksi (INT) Baubau, Terminal Station (TS) Lakudo, TS Sariwegadi, dan TS Raha. Seluruh rangkaian kunjungan ini bersifat observatif, fokus pada peninjauan langsung kondisi perangkat, ketersediaan daya, keamanan perangkat, dan fungsi jaringan di setiap titik.

Rombongan yang terdiri dari Dewan Komisaris, Komisaris Utama Ibu Teni Agustini, Komisari Bapak Prasetyo Suharto dan Jajaran Direksi Direktur Utama Bapak Ganda Yudha Asparaini, Direktur Bisnis dan Operasi Bapak Dirgantara Putra, Direktur Keuangan dan SDM Bapak Prino Joni Hartanto melakukan kunjugan kerjanya di wilayah Baubau, Lakudo, Sariwegadi, dan Raha dan merupakan kunjungan kerja perdana ke titik-titik tersebut, sekaligus menjadi bagian dari pemantauan menyeluruh terhadap aset-aset strategis jaringan Palapa Ring Paket Tengah. Setiap site yang dikunjungi memiliki peran penting dalam mendukung konektivitas antarwilayah, terutama di wilayah-wilayah yang secara geografis berada di luar pusat lalu lintas utama jaringan nasional.

Dalam pelaksanaannya, tim mencatat beberapa tantangan teknis dan aksesibilitas di lapangan, seperti kondisi jalan yang belum sepenuhnya memadai dan jarak tempuh antar titik yang memerlukan pengaturan logistik cermat. Meskipun demikian, seluruh agenda kunjungan berjalan sesuai rencana dan berlangsung lancar.

Selain sebagai bentuk pengawasan manajemen, kunjungan ini juga bertujuan untuk memperkuat pemahaman terhadap kondisi riil jaringan di daerah dan mendekatkan pengelolaan perusahaan dengan operasional di lapangan. Meski tidak ada agenda pertemuan resmi dengan pihak eksternal, kegiatan ini tetap memberikan nilai tambah strategis bagi manajemen perusahaan dalam menyusun rencana kerja lanjutan, evaluasi teknis, dan pengambilan keputusan berdasarkan data aktual.

Kunjungan ini juga menjadi langkah awal dari rencana kunjungan kerja serupa ke berbagai titik operasional lainnya di masa mendatang. Meskipun jadwal kunjungan lanjutan belum ditentukan, PT LTI tetap berkomitmen untuk melakukan pemantauan berkelanjutan dan aktif menjaga kualitas layanan backbone secara menyeluruh di seluruh wilayah layanan, sebagai bagian dari kontribusi perusahaan dalam mendukung pemerataan akses digital nasional.