Jakarta – Pada Jumat 21 Desember 2018 dilakukan penandatangan surat penerimaan fasilitas proyek palapa ring tengah. Ini menandakan proyek tersebut telah selesai tuntas 100 persen dan beroperasi secara Komersial (Commercial Operation Date).

Selain menghubungkan pulau-pulau di Indonesia pembangunan Palapa ring ditunjukan untuk mengurangi gap layanan telekomunikasi antara pulau Jawa dengan daerah lain di Indonesia. Paket yang dikerjakan oleh PT Len Telekomunikasi Indonesia ini memulai kontraknya pada tanggal 6 maret 2016. Proyek senilai Rp. 1,38 Triliun telah menghubungkan 1.326,22 Km kabel darat dan 1.787,06 Km lebih panjang dari rencana pembangunan itu beroperasi yang memungkinkan masyarakat sekitar dapat menikmati akses internet 4G sampai dengan kecepatan 30 mega bit per detik (Mbps).

Palapa ring tengah merupakan kabel serat optic yang dibangun melintasi provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara. Yang melintasi 17 Kabupaten dan kota. Kominfo menyatakan wilayah yang dilewati merupakan jalur bebas gempa.