Puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana kita semua dalam keadaan sehat wal’afiat, siap untuk bersama-sama membangun negeri.

Sebagaimana telah dilalui tahapan penandatanganan kontrak antara Kementerian Kominfo dengan PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) pada 4 Maret 2016, maka tahapan selanjutnya adalah persiapan menuju Design Review Meeting (DRM) dari sisi teknis yang meliputi survei Sistem Komunikasi Kabel Darat (SKKD) dan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) juga persiapan Financial Closing. Survey SKKD menentukan posisi-posisi dari landing station, dimana salah satu hal yang memerlukan bantuan dan kerja sama dari pihak pemerintah daerah baik itu Pemkab/Pemkot maupun Pemprov kaitan dengan perijinan, begitu juga dengan perijinan terkait SKKL dimana terdapat kekhususan terkait dengan isu lingkungan termasuk kawasan wisata laut.

Financial Closing diharapkan dapat diselesaikan sesuai target waktu pada akhir Agustus 2016. Setelah DRM dan Financial Closing maka dilanjutkan dengan kegiatan yang ditungu-tunggu yakni implementasi proyek Palapa Ring Paket Tengah yang didalamnya dimulai dengan proses pengadaan.

Sampai dengan akhir 2016 kegiatan masih banyak didominasi oleh proses kelengkapan perijinan dan pengadaan. Oleh karena itu kami mohon dukungan dari segenap pemerintah daerah baik itu Pemkab/Pemkot maupun Pemprov serta Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perhubungan dan Instansi terkait lainnya sehingga proses implementasi yang diperkirakan dimulai pada kuartal kedua 2017 dapat berjalan dengan lancer.

Manajemen menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada BP3TI dan mitra kerja LTI atas kepercayaannya selama ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pemegang saham atas dukungan dan kerja samanya, serta kepada seluruh karyawan yang dengan sepenuh hati dan kesungguhan mengerahkan tenaga, ide dan pemikiran untuk membawa LTI terus tumbuh dan berkembang.
Salam semangat membangun negeri.

 

R.W. Pantja Gelora
Direktur Utama