Jakarta – Senin, 14 Oktober 2019 | Presiden Joko Widodo meresmikan program Palapa Ring. Program ini diharapkan  mampu menghubungkan berbagai daerah di Indonesia dengan Internet. Berbagai pihak turut hadir dalam peresmian palapa ring pada Senin, 14 Oktober 2019 di Istana Merdeka, Jakarta.

 

Mulai dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Direktur Umum Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Anang Latif dan Direktur Utama R. W Pantja Gelora. Tidak hanya itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan turut mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut.

 

Dalam peresmian Palapa ring, Presiden Joko Widodo menjelaskan dalam sambutannya bahwa selama ini konektivitas digital terjadi di Indonesia. Di beberapa wilayah, jaringan internet sangat kencang, Namun, di daerah lain justru sangat lambat. Hal ini yang dikatakan sebagai ketimpangan konektivitas digital.

 

Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Tim Humas PT Len Telekomunikasi Indonesia melalui Live Streaming di kanal Youtube Sekretariat Kabinet, Presiden menyebutkan dengan adanya proyek palapa ring di Indonesia, kemajuan akan terjadi di berbagai sektor. Mulai dari sektor ekonomi, sosial, budaya, politik hingga pemerintah.

 

“Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen tuntaskan Palapa Ring sebagai tol langit. Tidak hanya memajukan sektor ekonomi, tapi juga sektor sosial budaya, politik dan pemerintahan. Inilah yang akan menyambungkan negara kita,”. Ungkap Presiden Joko Widodo

 

Dalam rangka peresmian Palapa Ring, Presiden Joko Widodo Menandatangani prasasti digital. Selain itu, presiden juga melakukan konferensi video dengan Bupati Merauke Danlantamal, Wakil Gubernur Papua Barat, Wakil Walikota Sorong, dan Wakil Gubernur NTT. Selain itu juga menghubungkan Bupati Kabupaten Rote ndao, Bupati dan Ketua DPRD, Kabupaten Panajam Paser Utara, serta Wakil Walikota dan Sekda Sabang.

 

Proyek Palapa Ring sendiri merupakan salah satu proyek yang telah lama digaungkan pemerintah. Jaringan palapa ring tidak hanya akan menyalurkan layanan internet berkecepatan tinggi, namun juga disebut akan menyatukan wilayah di Indonesia. Proyek ini terdiri dari 3 paket yaitu Paket Barat, Tengah dan Timur.

 

Pembangunan Proyek Palapa Ring Tengah dikerjakan oleh PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI). Proyek tersebut telah selesai pada akhir 2018. Sepanjang 2.995 kilometer jaringan kabel serat optik berhasil menyambungkan 17 kabupaten dan kota