kunjungan sangihe

Sangihe – Sri Mulyani Indrawati sebagai menteri keuangan (menkeu) dan menteri komunikasi dan informatika ( menkominfo ) melakukan kunjungan kerja hari ini tanggal 18 Januari. Kunjungan kerja tersebut ke kepulauan Sanghihe, Sulawesi utara. Lokasi tersebut berbatasan dengan pulau Mindanao Filipina. Yang menjadikan lokasi ini sebagai salah satu batas terluar wilayah kedaulatan Republik Indonesia.

Sri Mulyani mengatakan, Proyek Palapa Ring dibangun dengan skema kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Salah satu instrumen untuk membantu Kementerian dan Pemerintah Daerah untuk mengejar pembangunan infrastruktur yakni PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), BUMN di bawah Kemenkeu yang memberikan jaminan pemerintah terhadap proyek KPBU. Penjaminan dari PII itu memberikan kepastian untuk pembayaran. Karena itulah swasta bisa lebih nyaman ikut serta membangun infrastruktur.

penandatangan oleh menteri keuangan, kominfo dan gubernur sulawesi utara
Penandatangan oleh menteri keuangan, kominfo dan gubernur sulawesi utara

Acara tes sinyal proyek KPBU Palapa Ring Tengah ini diadakan di Kota Tahuna, ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan agenda Menteri Keuangan dan Menteri Kominfo melakukan video conference dengan Menteri Kesehatan dan Sekjen Kementrian Perhubungan yang sedang berada di Kota Jakarta untuk melakukan uji coba proyek Palapa Ring Tengah.

Sri Mulyani dan Rudiantara melakukan video conference dengan TNI
Video conference dengan TNI

Selain itu Tentara Nasional Indonesia juga mencoba jaringan optik tersebut. Uji coba dilakukan di Ruang Pusat Komando dan Pengendalian Operasi di Markas Besar TNI. yang disampaikan Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, di Cilangkap, Jakarta Timur. Menurut Irjen TNI, dengan menggunakan jaringan optik bawah laut Palapa Ring Paket Tengah, akan sangat membantu TNI terhadap kelancaran komunikasi yang diperlukan, khususnya dalam pelaksanaan tugas satuan-satuan jajaran TNI di daerah-daerah terpencil.

video confrence Mohamad Nasir dan Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo
Video confrence Mohamad Nasir dan Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo

Dan yang terakhir Sri Mulyani dan Rudiantara juga melakukan video conference dengan Menristekdikti Mohamad Nasir dan Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo yang berada di Jakarta.

Acara tes sinyal Palapa Ring Paket Tengah yang diinisiasi oleh PT PII ini diharapkan dapat menunjukan kepada masyarakat salah satu bentuk nyata dari manfaat skema KPBU bagi Indonesia.

Gubernur Sulut mengatakan “Ini suatu kebanggaan bagi masyarakat Sangihe, ini sejarah Sangihe baru kali ini. Dengan adanya Palapa Ring ini masyarakat kami akan merasakan nikmatnya, bagaimana Indonesia bisa maju kedepan”.